Rabu, 31 Oktober 2012

Manfaat Biji dan Kulitnya Jangan Di Buang

Beberapa minggu ini cuaca di Sinjai amat sangat puanasssss hmmm....enaknya   kalau kita makan ice cream atau es kelapa muda atau buah semangka pasti lansung segerrrrrrrr.... 

Bicara tentang semangka mungkin sebagian dari kita  mengira kulit semangka yang keras tidak memiliki manfaat apapun. Sebagian dari kita mengkonsumsi semangka hanyalah daging buahnya saja. 

Memang daging buah dari semangka memiliki kesegaran yang sangat luar biasa karena kaya akan air mineral alami yang mampu menghilangkan dahaga dan mengatasi dehidrasi. 

Namun bukan hanya daging buah dari semangka yang kaya akan manfaat, kulit semangka ternyata juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita.

Manfaat Kulit Semangka

Ada banyak sekali manfaat kulit semangka yang bisa kita dapatkan dan berikut adalah beberapa diantaranya :
  1. Kaya akan zat antioksidan.
  2. Membantu mengeluarkan amonia dari hati.
  3. Citrulline yang terkandung dalam kulit semangka dapat mensekresi asam nitrit untuk vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah).
  4. Mencegah infeksi kandung kemih.
  5. Mengeluarkan cacing usus.

Itulah 5 manfaat penting dari kulit semangka yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya setiap hari secara teratur.

Nah..sekarang setelah kulitnya, ternyata biji semangka juga ada manfaatnya untuk kesehatan kita, berikut penjelasannya yuuuuuuuuuuuuuk..........


Biji semangka  mengandung likopen yang baik bagi tubuh. Likopen ini  berfungsi sebagai zat anti kanker yang artinya dapat membasmi sel kanker dalam tubuh.
 
Selain sebagai zat anti kanker, biji semangka juga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh kencing, menyejukan radang kandung kemih, melembabkan usus, dan menyehatkan ginjal. Jadi jika  bermasalah dengan ginjal, ada baiknya untuk memanfaatkan biji semangka sebagai obatnya.


Selain itu, ternyata likopen yang terkandung di dalam semangka juga baik bagi wajah anda. Selain itu bagi para lansia, biji semangka dapat memulihkan kesehatan setelah sakit dan juga berkhasiat menajamkan daya ingat.

Bagi para pria, likopen juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria dan juga gairah. Bahkan, menurut sebuah penelitian, biji semangka memiliki fungsi setara dengan obat paten yang terkenal itu namun tidak memiliki efek samping. ( kayaknya ini  baru cocok harus bilang " WOW" gitu hehehe )

Selain fungsi di atas ternyata biji semangka ini selain dimanfaatkan sebagai makanan ringan yaitu kwaci juga dimanfaatkan sebagai susu.(kok bisa ya..???)  Menurut sebuah penelitian kandungan proteini biji semangka hampir setara dengan kedelai. Jadi susu biji semangka ini sangat pas bagi mereka yang alergi dengan susu sapi atau bagi mereka yang ingin berdiet.

Nah sappo itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari biji semangka. Jadi jangan buang biji semangka, karena kita masih dapat memanfaatkannya kembali untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Memang alpukat merupakan salah satu buah lezat yang memiliki rasa hambar, akan tetapi bukan hanya daging buahnya yang bisa kita konsumsi, manfaat biji alpukat juga sangat baik untuk kesehatan dan berikut adalah beberapa dari manfaat yang bisa kita dapatkan :
  1. Dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. 
  2. Sebagai obat sakit maag. 
  3. Dapat mengobati penyakit kencing manis (diabetes) terutama diabetes melitus. 
  4. Mampu menghilangkan stress akibat aktivitas yang padat. 
  5. Sebagai obat sariawan.
  6. Mampu menghilangkan rasa nyeri
Di atas adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji alpukat. Untuk mengkonsumsinya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dan salah satunya adalah dengan meminum rebusan dari biji alpukat.

Selamat mencoba






Tidak ada komentar:

Posting Komentar